Tuesday 30 September 2014

Penyakit Kronis "CURIGA"

      Bagaimana menghindari perasaan curiga ini supaya tidak menjadi momok yang membayangi hubungan Anda? Saran-saran di bawah ini dapat membantu Anda untuk menghilangkan rasa curiga.Cekidot ....

Saling terbuka
  • Hubungan yang sehat dan kuat membutuhkan saling keterbukaan dalam segala hal. Jangan menyembunyikan sesuatu yang Anda anggap sepele karena di mata pasangan Anda hal itu mungkin dianggap penting. Jika Anda menerima kenaikan gaji, biarpun kecil, ceritakanlah kepada pasangan Anda, janganlah menyimpan kelebihannya untuk keperluan Anda sendiri. Beritahukan kata sandi untuk ponsel atau akun Anda di komputer supaya pasangan Anda tidak mengira Anda menyembunyikan sesuatu karena dia tidak dapat memakai ponsel atau komputer Anda.
  • Komunikasi

    Kadang-kadang kita sedang dilanda penyakit malas berbicara, entah karena habis capai bekerja atau ada sariawan di mulut. Janganlah hal ini menghalangi komunikasi Anda dengan pasangan Anda. Sekali lagi hal-hal kecil yang sepele perlu disampaikan sebelum Anda melupakannya sama sekali dan akhirnya menjadi perkara besar di kemudian hari. Misalnya saja di jalan Anda bertemu dengan mantan pacar Anda dan berbasa-basi menegurnya karena lama sudah tidak bersua. Sesampai di rumah Anda tidak bercerita kepada pasangan Anda karena menganggap hal itu biasa saja. Tetapi suatu hari pasangan Anda mendengar gunjingan tetangga bahwa Anda berjalan bersama perempuan cantik yang dari ciri-cirinya mirip mantan pacar Anda. Tidak heran dia merasa curiga karena menganggap Anda merahasiakan pertemuan itu.
  • Salah paham

    Ini yang sulit tetapi tidak mustahil untuk dihindari. Bila Anda menemukan sapu tangan harum di kantong celana suami Anda ketika Anda hendak mencucinya, janganlah menuruti nafsu amarah dan langsung menuduhnya yang bukan-bukan. Siapa tahu sapu tangan itu ditemukannya ketika dia sedang berjalan ke halte bus dan berniat memberikannya kepada Anda tetapi lupa. Kalau dia memang serong tentu dia tidak akan berani membawa saputangan itu pulang, bukan? Karena itu peliharalah kepala dingin, jangan mudah curiga.
  • Kepercayaan

    Berilah pasangan Anda kepercayaan yang tulus, niscara rumah tangga atau hubungan Anda akan mulus. Kepercayaan menunjukkan penghargaan, sesuatu yang pantas Anda tunjukkan kepada orang yang Anda kasihi. Jika tidak ada lagi kepercayaan dalam sebuah hubungan, berarti hubungan itu sudah hancur.
  • Jangan memberi peluang kepada iblis

    Selain jangan mudah curiga, Anda juga hendaknya menjunjung tinggi kepercayaan yang diberikan kepada Anda. Janganlah menyerempet-nyerempet bahaya, kata Bung Karno dulu vivere pericoloso. Dalam berusaha meraih cita-cita istilah ini boleh digunakan namun dalam hubungan rumah tangga hal ini sama sekali tabu. Jangan bersikap centil kepada pria lain, jangan genit menghadapi istri tetangga. Bersikap ramah, sekali-sekali memberi tumpangan kepada lawan jenis di mobil Anda masih pantas, tetapi bila itu terjadi sering-sering atau setiap hari, Anda mengundang bahaya. Karena dari hubungan yang terbatas sebagai teman dapat menjurus menjadi intim dari kebersamaan yang terlalu sering. Demikian pula makan siang bersama teman sekerja yang berlainan jenis, satu dua kali sebulan masih boleh dilakukan, jangan seminggu sekali, nanti jadi keterusan setiap hari.

No comments:

Post a Comment